Cara menjinakkan seekor kucing liar

Cara menjinakkan kucing liar


Ketika saya pertama kali melihat kucing itu suatu pagi di bulan Juni, ia mencari bibit yang tumpah di bawah umpan burung di halaman belakang. Itu adalah hal yang mungil, tidak lebih dari beberapa bulan. Penampilannya yang skeletal dan pencarian makanan yang putus asa mengatakan bahwa itu hanya beberapa hari lagi dari kematian karena kelaparan.

"Saya memberi tahu kucing saya," kataku pada suami saya.

"Jika Anda memberi makan, Anda tidak akan pernah bisa menyingkirkannya," jawabnya.

"Jika saya tidak memberi makan, itu akan mati."

Aku mengambil sekaleng makanan kucing ke halaman. Kucing kecil itu menghilang ke hutan begitu aku melihatku, tapi aku meletakkan kaleng itu di bawah umpan burung. Ketika saya check beberapa jam kemudian, makanannya punah.

Cat muncul kembali beberapa hari kemudian. Saya mengambil sekaleng makanan lain. Sekali lagi itu kabur tapi nanti kaleng itu kosong.

Tidak lama lagi kucing itu kembali setiap hari, seperti yang diperkirakan suamiku. Karena tidak ingin menghabiskan lebih banyak makanan mahal untuk kucing dalam ruangan saya dengan kebutuhan makanan khusus, saya membeli sekantong besar makanan kering kering dan menyimpannya dengan benih di tempat penyimpanan di teras. Suami saya setuju bahwa cat luar tidak akan menjadi hal yang buruk; Ini akan membantu mengendalikan populasi tupai tanah yang sedang berkembang yang menghancurkan kebun dan dinding penahan kita. Jadi tujuan saya adalah menjinakkan kucing cukup untuk mendapatkannya ke pembawa dan ke dokter hewan untuk dikebiri dan divaksinasi. Kemudian ia bisa menjalani hari-hari di halaman belakang dan hutan kita.

Apa itu kucing liar dan apakah itu bisa dijinakkan?

Seekor kucing liar adalah kucing yang tumbuh di alam bebas tanpa kontak atau kontak negatif. Sebaliknya, cat nyasar adalah cat yang sebelumnya dijinakkan yang hilang atau ditinggalkan. Sementara orang liar mungkin mendekati manusia untuk makanan, menunjukkan perilaku seperti mendengkur dan mengunyah, dan bahkan membiarkan diri disentuh dan dibelai, kucing liar takut pada manusia dan melihatnya sebagai hewan besar lainnya - predator potensial. Kucing liar cenderung tinggal di koloni di bangunan terbengkalai, mobil kosong atau area terlindung lainnya di dekat sumber makanan, seperti tempat sampah restoran. Dengan ancaman kelaparan, penyakit, cuaca buruk, dan serangan hewan lain, umur seekor kucing liar rata-rata kurang dari dua tahun.

Beberapa percaya seekor kucing liar tidak bisa dijinakkan. Bergantung pada sejumlah faktor, termasuk usia kucing, kepribadian dan pengalaman di alam liar, sosialisasi itu mungkin dilakukan. Ini akan memakan banyak waktu dan kesabaran. Semakin tua kucingnya, semakin sulit jadinya. Beberapa kucing mungkin tidak pernah merasa nyaman dengan interaksi manusia, bahkan setelah beberapa bulan. Kucing lain hanya bisa terikat dengan manusia yang mensosialisasikannya, membuat mereka tidak cocok untuk diadopsi di tempat lain. Ada peluang sukses yang jauh lebih besar untuk menjinakkan nyasar yang telah dikembalikan ke perilaku liar daripada seekor kucing yang tidak pernah memiliki kontak dengan manusia, terutama jika interaksi masa lalu dengan manusia positif.

Organisasi seperti Humane Society dan ASPCA merekomendasikan penggunaan metode trap-neuter-return dalam berurusan dengan kucing liar. Ini melibatkan manusia menjebak kucing, neutering mereka untuk mencegah kelahiran lebih banyak anak kucing, dan kembali ke koloni mereka untuk menjalani hari-hari mereka. Petugas koloni, seseorang atau kelompok yang tertarik pada kesejahteraan hewan, kemudian menyediakan makanan, air, dan tempat berlindung yang memadai ke koloni sambil memantau kesehatan kucing. Organisasi nirlaba Alley Cat Allies menyediakan panduan on-line untuk melakukan perangkap-netral-kembali.

"Birdie"

Pada bulan Juli, kucing itu tidak lagi hilang saat saya keluar untuk memberi makan. Ini akan mundur beberapa meter ke dalam hutan, melihat saya saat saya menyiapkan makanan dan datang untuk makan begitu saya berjalan pergi. Saya mulai berbicara dengan dia perempuan) dan sebuah nama - Birdie, karena dia sedang bertele-tele saat pertama kali melihatnya.

Birdie tumbuh nyaman di hadapanku. Dia mulai datang saat aku memanggilnya. Meski dia tidak mengizinkan saya mendekatinya cukup dekat untuk menyentuhnya, dia menyapaku dengan meong kecil. Saat saya berbicara dengannya, dia akan berguling dan meregangkan kearah pepohonan, tapi dari jarak yang aman. Saya tidak tahu darimana asal Birdie tapi perilakunya dan situasinya agar dia terlahir di hutan untuk menyimpang yang tidak takut pada manusia dan tidak mengajarinya untuk takut.

Membuat keputusan untuk mensosialisasikan diri kucing pembohong

Sebelum memulai proses sosialisasi yang panjang, lanjutkan tujuan anda. Apakah Anda ingin menjinakkan kucing dan menemukan rumah untuk itu? Seekor kucing liar bisa terikat dengan Anda tapi mundur saat ditempatkan di tempat lain. Ini mungkin bukan kandidat yang baik untuk diadopsi.

Apakah Anda ingin menjadi hewan peliharaan dalam ruangan Anda? Hal ini bisa terjadi, jika itu adalah jenis kucing yang tepat dan Anda sabar.

Jika Anda berencana pergi ke kucing dan hidup di luar rumah, maka teruslah kesehatan dan kesejahteraannya serta perawatan seperlunya.

Dalam menentukan apakah akan mensosialisasikan kucing tersebut, pertimbangkan hal berikut:

Apakah kucing itu tampak sehat? Tidak ada cara yang tidak mematikan untuk menguji seekor kucing untuk rabies, jadi amati kucing dari jauh karena gejala rabies atau perilaku aneh lainnya. Jangan berkontak dengan kucing yang nampak sakit. Panggil kontrol binatang untuk bantuan. Ingatlah bahwa meskipun kucing mungkin tampak sehat, ini mungkin merupakan pembawa penyakit leukemia atau virus imunitas kekebalan kucing, jadi hindari terkena kucing lain di rumah Anda sampai kucing liar tersebut melakukan tes negatif untuk penyakit yang sangat menular dan tidak dapat disembuhkan ini. Cuci tangan Anda dan ganti pakaian setelah kontak dengan kucing liar.
Apakah kucing itu tetap ada di hadapan Anda saat Anda memberi makan? Apakah itu menunjukkan kepercayaan yang tumbuh dengan tetap dekat seiring berjalannya waktu?
Apa bahasa tubuhnya? Apakah itu berjongkok rendah ke tanah dengan telinganya kembali, yang menunjukkan rasa takut, atau ekornya lurus ke atas di udara, yang mengindikasikan bahwa itu nyaman?
Apakah itu menunjukkan tanda-tanda bersikap ramah dan bersahabat, seperti mengeong dan menggosok kepala dan tubuhnya pada benda-benda?
Uh oh

Seiring berjalannya waktu berminggu-minggu, Birdie menjadi kurus kering. Sebenarnya, dia benar-benar gemuk di bagian tengah tubuhnya. Meskipun dia tidak lebih dari anak kucing, aku mulai curiga Birdie kecilku akan menjadi ibu tween. Karena saya tidak bisa menyentuhnya, saya tidak bisa membawanya ke dokter hewan untuk mencari tahu dengan pasti.

Sesaat sebelum Hari Buruh, Birdie muncul suatu hari dalam suasana hati yang buruk dan mendesis saat saya mendekat. Itulah terakhir kalinya aku melihatnya selama beberapa hari. Ketika akhirnya dia kembali, sudah jelas dia sudah melahirkan. Telah terjadi badai yang buruk akhir pekan ini dan saya bertanya-tanya apakah ada anak-anak kucing yang selamat. Birdie nampaknya menyusui, jadi saya berasumsi setidaknya ada satu atau dua.

Kucing hamil dan lahir

Kucing bisa hamil sedini empat setengah sampai lima bulan. Tanda-tanda bahwa kucing hamil meliputi:

Puting membesar dan merah jambu
Berat badan di sekitar bagian tengah tubuh
Meningkatnya nafsu makan
Perilaku lebih sayang
Perilaku bersarang
Masa kehamilan rata-rata sekitar 65 hari. Saat kucing akan melahirkan, mungkin akan terlihat tanda-tanda kegelisahan atau membuat suara melolong. Ini akan mencari tempat yang tenang dan pribadi untuk melahirkan. Proses kelahiran bisa memakan waktu dari dua sampai enam jam, dengan ukuran sampah rata-rata dua sampai lima anak kucing.

Dimana bayi-bayi itu?

Terlepas dari usaha terbaikku untuk menemukan mereka, Birdie membuat anak-anak kucing itu tersembunyi dengan baik. Dengan beberapa hektar hutan di belakang rumah, mereka bisa saja berada dimana saja. Saya malah memfokuskan usaha saya untuk menjinakkannya jadi dia akhirnya membawa anak-anak kucing itu ke saya dan saya bisa menemukan rumah untuk mereka.

Keperawatan membuat Birdie kelaparan, dan saya menggunakan rasa lapar untuk keuntungan saya. Sekarang, ketika saya menurunkan makanan, saya akan duduk di sebelahnya. Dia harus mendatangi saya untuk makan, dan dia melakukannya. Sementara dia makan, saya berbicara dengannya dengan suara tenang dan rendah dan melayang-layang di atas kepala saya, bergerak perlahan sehingga dia tidak akan ketakutan. Setiap hari aku menggerakkan tanganku lebih dekat dan mendekat sampai akhirnya aku menyentuh bagian atas kepalanya. Pertama kali aku menyentuhnya, dia melompat pergi. Jadi saya coba lagi keesokan harinya, dan berikutnya. Ini berlanjut selama dua atau tiga minggu lagi sampai akhirnya suatu hari dia tidak mundur saat aku menyentuhnya. Aku bisa memujanya. Ini adalah akhir September, hampir empat bulan setelah saya pertama kali melihatnya.

Membangun kepercayaan

Untuk mensosialisasikan seekor kucing, mulailah dengan membentuk rutinitas seputar makanan. Beri makan kucing pada waktu yang sama di tempat yang sama. Kucing akan tumbuh untuk mempercayai Anda karena mulai mengasosiasikan Anda dengan pengalaman makan yang positif. Saat Anda memberi makan kucing itu, bicaralah dengan suara yang tenang dan rendah.

Tetap di dekat tempat kucing itu makan. Saat kucing terbiasa dengan kehadiran Anda, jadikanlah itu mendekat dan mendekati Anda setiap hari untuk menikmati makanan. Jangan melihat kucing atau melakukan kontak mata dengan itu karena akan melihat itu sebagai tindakan agresi. Duduklah dengan tenang dan abaikan kucing itu saat makan.

Jangan menyentuh atau mengambil kucing sampai Anda rasa sudah siap. Ambil isyarat dari reaksinya; Jika mundur, Anda perlu mundur juga. Pergilah perlahan, bersabarlah, dan bersiaplah untuk kemunduran sesekali.

Jika Anda bergerak cepat, kucing mungkin bereaksi defensif. Cobalah untuk tidak membiarkan ini terjadi. Jika Anda digigit, segera dapatkan bantuan medis. Jika Anda tergores, pantau luka dan pergi ke dokter jika tampaknya terinfeksi.

Berantakan anak kucing

Tetangga sebelah saya menemukan anak-anak kucing beberapa hari kemudian di sebuah tunggul pohon berongga di hutan dekat rumahnya. Ada empat dari mereka, semuanya sehat dan gemuk. Umur mereka sekitar empat minggu. Birdie rupanya belum siap untuk mereka temukan karena dia memindahkan mereka ke tempat lain dan kami tidak melihatnya selama seminggu lagi.

Pada usia sekitar lima minggu, anak-anak kucing sudah siap untuk makanan padat. Sekarang, saat Birdie menemuiku di pintu belakang setiap pagi, anak-anak kucing tidak jauh ketinggalan. Mereka tinggal di sebuah log berlubang di hutan sekitar 20 meter dari rumah. Pada pagi-pagi Oktober aku bisa mendengar desisan dedaunan di kegelapan menjelang fajar saat empat anak kucing berlari ke atas bukit untuk makan. Mereka naik satu sama lain untuk mendapatkan makanan dan, ketika mereka mengisi, naik ke seluruh Birdie sampai dia menjatuhkan diri ke samping untuk merawatnya.

Satu-satunya hal yang lebih menggemaskan daripada anak kucing adalah empat anak kucing, dan kekacauan anak-anak kucing ("kekacauan" adalah istilah yang lebih tepat daripada "sampah" menurut pendapat saya) yang mengamuk di halaman belakang saya menyediakan hiburan bagi seluruh rumah tangga saya, termasuk anjingnya. , dan kepada banyak tetangga yang mampir setiap hari untuk melihat mereka. Saya menangani setiap anak kucing setiap hari agar mereka terbiasa dengan kontak manusia. Saya juga mulai mengerjakan koneksi dan jaringan media sosial saya untuk menemukan rumah bagi mereka, karena tahu mereka akan siap untuk meninggalkan mama mereka dalam beberapa minggu lagi. Menjelang akhir Oktober, ketika mereka berusia sekitar delapan minggu, semua anak kucing telah pergi ke rumah mereka selamanya.

Perawatan anak kucing

Seorang ibu kucing biasanya akan menyediakan semua kebutuhan perawatan dan makanan anak kucing selama empat minggu pertama kehidupan dan tidak memerlukan intervensi manusia. Pada usia empat atau lima minggu, anak kucing akan siap untuk sumber makanan lain sambil terus menyusui. Jika seekor ibu kucing telah menyimpan anak kucingnya yang tersembunyi dari penjaga organisnya sampai sekarang, inilah saat dia akan membawa mereka ke sumber makanannya.

Pada usia enam dan tujuh minggu, anak-anak kucing mengembangkan keterampilan motorik dan koordinasi mata kaki. Inilah usia mereka mulai bermain dengan benda - daun, mainan, ekor saudara mereka - dan ibu kucing mengajar mereka untuk berburu.

Kittens membakar banyak energi dan membutuhkan diet protein tinggi. Beri mereka makanan kitten yang diformulasikan secara khusus (tidak masalah bagi ibu kucing untuk memiliki ini juga - dia juga membutuhkan banyak kalori).

Sekitar dua minggu, Anda harus mulai menangani anak kucing (tentu saja lembut). Jika mereka berusia empat atau lima minggu sebelum kontak manusia pertama mereka, mereka mungkin akan meludah dan mendesis. Bereaksi dengan tenang dan buat interaksi pertama mereka dengan Anda yang positif. Atur interaksi positif dengan manusia lain di rumah tangga dan keluarga anjing sebelum usia delapan minggu. (Hindari paparan dengan kucing lain di rumah tangga jika ibu belum melakukan tes negatif terhadap penyakit menular.)

Anak kucing siap meninggalkan ibu mereka selama delapan minggu. Mereka dapat dipisahkan lebih awal jika perawatan yang tepat diberikan, namun untuk mendapatkan keuntungan dari susu ibu mereka dan pengembangan keterampilan sosial melalui interaksi dengan sampah mereka, yang terbaik adalah menunggu sampai delapan minggu.

Langkah terakhir

Pada hari anak kucing terakhir pulang ke rumah, saya menghubungi dokter hewan saya untuk mendapatkan penunjukan berikutnya yang tersedia untuk diberi Birdie spayed dan divaksinasi. Saya menjadwalkan pengangkatan untuk hal pertama di pagi hari, mengetahui bahwa ketika dia menyapa saya di pintu untuk diberi makan, akan menjadi suntikan terbaik saya untuk menangkapnya. Saya kehilangan tidur malam itu, khawatir bahwa saya tidak dapat menjemputnya atau membawanya ke pembawa kucing, atau bahwa saya akan tergores dan digigit dalam prosesnya. Untung sarung tangan memanggang kulit yang kupakai untuk perlindungan ternyata terlalu banyak, karena Birdie langsung masuk ke kapal induk dengan sedikit ribut.

Saya telah memperingatkan dokter hewan sebelumnya bahwa saya sedang membawa seekor kucing liar sehingga dia akan siap menghadapi kekacauan, tapi lagi-lagi kekhawatiran saya tidak berdasar. Birdie sangat jinak saat dilepaskan dari carrier untuk pemeriksaan. Dia memeriksa kesehatannya yang relatif baik. Dia memang memiliki cacing, yang khas untuk kucing yang hidup di alam liar, dan akan memerlukan perawatan de-cacing oral setelah operasi dia.

Aku meninggalkan Birdie di tangan dokterku yang mumpuni untuk operasi. Ketika saya menjemputnya keesokan paginya, dia tampak senang dan lega melihat saya. Saat pulang ke rumah dengan pengangkut barang yang diikat di kursi belakang, dia duduk di depan kapal induk dan mengulurkan tangan padaku sepanjang perjalanan pulang.

Aku membawa Birdie ke teras layar dengan kotak sampah, berniat menjaganya tetap di sana selama beberapa hari untuk memulihkan kesehatannya sebelum melepaskannya ke hutan. Dia segera membawa ke kotak sampah, dan menghabiskan sebagian besar hari berikutnya untuk tidur di atas ranjang kecil yang kubuat untuknya. Aku membayangkan dia sedang tidur nyenyak setelah merawat anak-anak kucing itu selama delapan minggu terakhir ini.

Pada hari keempat, aku membuka pintu serambi layar agar Birdie bisa pergi. Dia berjalan ke geladak, melihat-lihat, dan langsung kembali ke tempat tidurnya. Selama beberapa hari berikutnya, dia memang pergi sebentar, tapi selalu kembali. Pada tanggal 5 November, dengan cuaca yang semakin dingin dan setelah menyelesaikan pengobatan cacingnya, Birdie pindah ke rumah untuk tinggal.

Membawa kucing di dalam rumah

Sebelum membawa kucing ke rumah Anda atau memaparkannya ke kucing Anda yang lain, hal itu harus diperiksa oleh dokter hewan, telah diuji negatif untuk leukemia kucing dan virus immunodeficiency kucing, mendapatkan informasi terbaru tentang vaksinasi, dan diobati untuk parasit manapun. Kucing harus dikebiri (spayed jika betina) paling lambat enam bulan untuk mencegah perilaku yang tidak tepat, seperti buang air kecil dan lolongan, dan kehamilan yang tidak diinginkan.

Jika kucingnya belum dirumah, ini umumnya bisa dilakukan dengan cepat dengan menjaga agar kucing tetap berada di area terbatas seperti peti atau bahkan kamar mandi keramik, dengan kotak sampah sebagai satu-satunya pilihannya. Setelah mulai menggunakan kotak sampah secara konsisten, ruangnya bisa diperluas. Beberapa kucing mungkin mencoba menggunakan tanaman pot sebagai kotak sampah; Jika demikian, tutupi tanah dengan aluminium foil.

Tawarkan kucing itu sebuah tulisan bekas goresan sehingga bisa terlibat dalam perilaku goresan naluriahnya pada sesuatu selain furnitur Anda. Gosokkan posnya dengan sedikit catnip untuk menarik minat kucing. Sediakan berbagai mainan kucing untuk hiburan. Ini tidak perlu mewah; Kebanyakan kucing menemukan bahkan tutup botol menjadi lucu.

No comments:

Post a Comment